Home

Pelaksanaan Qurban SMP Negeri 1 Sragen Tahun 2011

User Rating:  / 0
PoorBest 

 

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

pada tanggal 7 Nopember 2011 SMP Negeri 1 Sragen menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan qurban  di Desa Gani, Karanganom, Sukodono. Rutinitas kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun ini adalah cerminan pelaksanaan sekolah yang tidak hanya memupuk dan mengembangkan basic Iptek siswa, juga mendidik siswa untuk menteladani Nabi Ibrahim dalam melaksanakan Qurban, melatih siswa bagaimana cara penyembelihan hewan qurban dengan benar serta mendidik pentingnya solidaritas dan berbagi pada sesama yang kurang mampu.

 

Tahun ini SMP Negeri 1 Sragen menyembelih dua ekor sapi dan tiga ekor kambing yang diperoleh dari iuran seluruh siwa dan guru. Acara penyembelihan hewan Qurban di mulai jam 09.00 pagi. Dibuka dengan Sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Sragen oleh Drs. Muh Hadi Masykur. Dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Muh Mawardi, S.Ag. Kemudian dilanjutkan penyerahan hewan Qurban secara simbolik kepada masyarakat Desa Gani, Karanganom, Sukodono.

 

Anak – anak menyaksikan acara penyembelihan hewan Qurban ini, Setelah penyembelihan dan pencacahan daging qurban selesai, selanjutnya dilaksanakan pembagian daging Qurban kepada masyarakat Gani, Karanganom, Sukodono sebanyak 190 kantong daging dan siswa dan lingkungan sekitar sekolah sebanyak 110 kantong daging. Acara ini berakhir pukul 16.30 WIB.

Saat menyembelih sapi

Saat membagi daging

Daging siap dibagikan