Home

Bentuk Karakter dengan Membaca

User Rating:  / 0
PoorBest 

Sebanyak 628 siswa dari rombongan belajar itu langsung menghadap ke selatan. Sebuah backdrop berisi tulisan Ayo Mambaca Bersama Solopos sudah terpasang. Sebanyak 48 guru ikut menyaksikan acara tersebut. Anggota tim sloops mulai membagikan Koran. Kepala SMP Negeri 1 Sragen Wiyono , S.Pd, M.Pd ikut membantu mebagikan Koran kepada para siswa dari kelas VII, VIII, dan IX.

Mereka membaca secara serentak “Anak-anak yang berkarakter itu suka membaca. Kegiatan membaca bisa membentuk karakter anak.” Ujar Kepala Sekolah saat berbincang dengan Espos.

Beliau juga mengatakan penguatan pendidikan karakter dengan menanamkan lima nilai dalam pembelajaran yakni religiositas, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas. Kegiatan literasi menjadi bagian dai upaya menanamkan lima tingkatan karakter tersebut.

 

Selain itu beliau juga mengatakan menyanyikan lagu Indonesia Raya juga menjadi sarana memupuk rasa nasionalisme. Ada juga kegiatan jum’at peduli sebagai wujud gotong royong “jum’at peduli adalah gerakan infak dari anak-anak dan diumumkan hasilnya per kelas. Hasilnya bisa digunakan untuk membantu siswa yang tidak punya sepeda. Ada pula yang digunakan untuk membantu orang tua siswa yang rumahnya roboh, “ Ujar Bapak Wiyono.